Dalam menjelajahi dunia maya tentunya anda menggunakan browser atau dengan kata lain web browser, ” Web browser/Browser makanan apaan tuch rasanya sama gak y0w kaya Brownies…???? wkwkwkwk ” Ok saya akan bahas sedikit buat yang belum mengerti dengan istilah itu, browser adalah aplikasi yang digunakan sebagai penerjemah code-code HTML atau bahasa pemrogramana berbasis Web yang dimiliki oleh semua situs tentunya, agar situs itu dapat diterjemahkan kedalam bentuk visual seperti yang anda lihat sekarang. Saya yakin anda sudah pernah memakai aplikasi tersebut hanya saja belum mengerti istilah dari kata browser itu, contoh browser yang sering digunakan adalah MOZILLA FIREFOX, OPERA, INTERNET EXPLORE, NETSCAPE, dll. Jadi sekarang anda sudah sedikit mengerti bukan tentang browser, mungkin anda tidak sadar bahwa anda membuka situs ini dan kemudian membaca artikel ini itu adalah jasa dari aplikasi browser hehe…

Ok sekarang kita kembali pada topik utama kita saat ini yaitu panen password di warnet tanpa sniper, disini tools yang dapat anda gunakan adalah Mozilla Firefox, Opera, dll. Komputer warnet adalah komputer yang digunakan untuk umum, jadi dapat dibayangkan berapa password yang akan anda dapatkan disini wkwkwkwk. Sebenarnya dalam teknik ini kita menggunakan fasilitas kemudahan yang diberikan oleh Browser, saya ambil contoh Mozilla Firefox, tapi apa jadinya jika fasilitas tersebut tidak dipahami oleh pengguna, dan tempat yang dapat di akses oleh umum.

Ok sekarang buka browser anda lebih bagus jika anda sedang di warnet ketika membaca artikel ini, agar dapat langsung praktek hehe… Secara default pada browser, fasilitas penyimpanan password diaktifkan dan hal tersebut menunjukkan bahwa password akan dihafal oleh browser ketika anda login pada suatu situs, jadi walaupun teman-teman login ke situs yang mendukung pengamanan via protokol ssl (misal: https) dan aman dari proses penyadapan (sniffing) di jaringan tetapi password anda akan tetap tersimpan secara clear-text (bisa terbaca) pada web browser.



Tentunya anda pasti berfikir bahwa ini akan sangat bahaya untuk privasi kita masing-masing jika anda berfikir seperti itu berarti anda memikirkan suatu hal yang sama seperti saya karena saya juga berfikir seperti itu. Tapi anda janga takut karena pihak pembuat web browser tidak mengijinkan fasilitas ini secara otomatis. Tetapi web browser secara otomatis akan memberi tahu user terlebih dahulu bahwa web browser memiliki fasilitas ini dan apakah user bersedia agar passwordnya di ingat oleh web browser. Disinilah inti dari permasalahannya, mengapa…??? karena sebagian orang terlalu identik dengan kata “YES”, “REMEMBER” (mungkin kata ini tidak terlalu) atau karena tidak terlalu menyukai bahasa Inggris, karena kecerobohan inilah akhirnya kita yang dapat untungnya hehe… Dengan kecerobohan seperti itu kita bisa panen password dari browser. gambar dibawah adalah dialogue yang biasa muncul ketika anda memasukkan Username dan password anda pada suatu situs



Sekarang saatnya kita melihat siapa usernamenya dan apa passwordnya, caranya arahkan mouse anda ke menu TOOLS >> OPTION >> SECURITY >> SHOW PASSWORD >>



Maaf pasword disamarkan untuk menjaga privasi pemilik, pada contoh diatas saya menggunakan web browser Mozilla Firefox, fitur ini tidak hanya dimiliki oleh Mozilla firefox namun hampir semua browser mempunyai fasilitas ini, dengan tujuan memberi kemudahan kepada para penggunanya.

Mission Complete… jika anda beruntung anda mendapatkan banyak username dan password tentunya.

Cara mengantisipasi jika anda telah memasukkan password baca dulu kotak dialogue yang akan anda jumpai kemudian baiknya anda pilih kata pilih No, Never for this site atau Not Now, setiap browser bisa berbeda-beda. Contoh pada gambar ini saya menggunakan Mozilla Firefox.



Dari tutorial diatas penulis tidak mengajarkan anda menjadi seorang pencuri melainkan hanya sebagai pencegahan dan pembelajaran semata, agar kita tidak selalu mejadi korban dari orang iseng. Penulis tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan tutorial diatas.

Gunakan Dengan Bijak !!

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel