Apa sih Profil Dunia Wirausaha?
Profil Usaha :
Jenis usaha yang dipilih tergantung pada:
- Minat seseorang
- Modal
- Relasi
Berikut adalah diagram yang menghubungkan hubungan rumah tangga produsen (RTP) & Rumah tangga Konsumen (RTK) :
Rintisan Usaha Wirausaha Baru :
- Perdangan Besar
- Perdagangan Eceran
- Pedagang Kaki Lima
- Franchising (Waralaba)
Franchising (Waralaba)
Hisrich peters -> Franchising sebagai pelimpahan dari pabrikan atau distributor suatu produk/jasa yang diberikan kepada agen-agen lokal dengan membayar sejumlah royality
Bygrave -> Franchising merupakan sebuah peluang bisnis dimana pemilik, produsen/distributor sebagai franchisor dan barang/jasa merek tertentu memberi hak kepada individu atau franchising untuk menjadi agen lokal dari barang & jasa, dan sebagai imbalannya menerima pembayaran atau royalti yang telah di tetapkan
- Orang yang memberikan franchising = Franchisor
- Orang yang menerima franchising = Franchisee
- Adanya suatu kontak yang disebut License Agreement (franchise contract)
- Merek dagang meruakan aset berharga (hak paten)
Produk-produk yang dapat dijadikan waralaba adalah:
- Barang/jasa yang telah punya pasaran luas & unggul
- Formulal paten/desain tertentu
- Nama dagang/merek dagang
- Konsultan manajemen keuangan/pengawasan
- Promosi advertising & pembelian
- Kantor pusat pelayanan
Karakteristik Waralaba :
- Pemberi waralaba memiliki merek dagang/jasa & memberi lisensi kepada pewaralaba dengan imbalan royalti.
- Pewaralaba harus membayar kewajiban untuk menjadi bagian sistem tersebut, yaitu sebagian kecil modal awal.
- Pemberi waralaba menyediakan suatu sistem pemasaran & sistem operasi untuk menjalankan kegiatan bisnis (diklat bisnis)
Intrapreneurship :
- Berarti entrepreneurship didalam struktur bisnis yang sudah ada.
- Sebagai jembatan ilmu pengetahuan & pasar.
- Dimotivasi oleh keyakinan yang kuat terhadap bakat Seseorang yang ingin mengembangkan kreativitasnya
Hisrich-Peters Intrapreneurship adalah:
" Suatu metode untuk mengestimulasi individu di dalam organisasi yang mengestimulasi individu di dalam organisasi yang mempunyai pemikiran bahwa dia dapat melakukan sesuatu yang tampil beda & hasil lebih baik "
Bentuk iklim organisasi yang mendorong Intrapreneurship :
Faktor Penentu :
- Dorongan dari organisasi untuk menggunakan teknologi Baru.
- Mendorong karyawan untuk menggagas ide baru
- Mendorong karyawan untuk melakukan eksperimen
- Tidak mempermasalahkan kegagalan
- Tersedia sumber daya yang akan digunakan
- Mengembangkan sebuah tim
- Menyediakan sistem bonus bagi yang berhasil
- Disetujui oleh top management
Karakteristik kepemimpinan intrapreneur :
- Memahami kreativitas seseorang
- Memiliki visi masa depan & fleksibel
- Mendorong diskusi terbuka
- Mempertahankan pendirian
Jenis usaha yang dipilih tergantung pada:
- Minat seseorang
- Modal
- Relasi
Berikut adalah diagram yang menghubungkan hubungan rumah tangga produsen (RTP) & Rumah tangga Konsumen (RTK) :
Rintisan Usaha Wirausaha Baru :
- Perdangan Besar
- Perdagangan Eceran
- Pedagang Kaki Lima
- Franchising (Waralaba)
Franchising (Waralaba)
Hisrich peters -> Franchising sebagai pelimpahan dari pabrikan atau distributor suatu produk/jasa yang diberikan kepada agen-agen lokal dengan membayar sejumlah royality
Bygrave -> Franchising merupakan sebuah peluang bisnis dimana pemilik, produsen/distributor sebagai franchisor dan barang/jasa merek tertentu memberi hak kepada individu atau franchising untuk menjadi agen lokal dari barang & jasa, dan sebagai imbalannya menerima pembayaran atau royalti yang telah di tetapkan
- Orang yang memberikan franchising = Franchisor
- Orang yang menerima franchising = Franchisee
- Adanya suatu kontak yang disebut License Agreement (franchise contract)
- Merek dagang meruakan aset berharga (hak paten)
Produk-produk yang dapat dijadikan waralaba adalah:
- Barang/jasa yang telah punya pasaran luas & unggul
- Formulal paten/desain tertentu
- Nama dagang/merek dagang
- Konsultan manajemen keuangan/pengawasan
- Promosi advertising & pembelian
- Kantor pusat pelayanan
Karakteristik Waralaba :
- Pemberi waralaba memiliki merek dagang/jasa & memberi lisensi kepada pewaralaba dengan imbalan royalti.
- Pewaralaba harus membayar kewajiban untuk menjadi bagian sistem tersebut, yaitu sebagian kecil modal awal.
- Pemberi waralaba menyediakan suatu sistem pemasaran & sistem operasi untuk menjalankan kegiatan bisnis (diklat bisnis)
Intrapreneurship :
- Berarti entrepreneurship didalam struktur bisnis yang sudah ada.
- Sebagai jembatan ilmu pengetahuan & pasar.
- Dimotivasi oleh keyakinan yang kuat terhadap bakat Seseorang yang ingin mengembangkan kreativitasnya
Hisrich-Peters Intrapreneurship adalah:
" Suatu metode untuk mengestimulasi individu di dalam organisasi yang mengestimulasi individu di dalam organisasi yang mempunyai pemikiran bahwa dia dapat melakukan sesuatu yang tampil beda & hasil lebih baik "
Bentuk iklim organisasi yang mendorong Intrapreneurship :
Faktor Penentu :
- Dorongan dari organisasi untuk menggunakan teknologi Baru.
- Mendorong karyawan untuk menggagas ide baru
- Mendorong karyawan untuk melakukan eksperimen
- Tidak mempermasalahkan kegagalan
- Tersedia sumber daya yang akan digunakan
- Mengembangkan sebuah tim
- Menyediakan sistem bonus bagi yang berhasil
- Disetujui oleh top management
Karakteristik kepemimpinan intrapreneur :
- Memahami kreativitas seseorang
- Memiliki visi masa depan & fleksibel
- Mendorong diskusi terbuka
- Mempertahankan pendirian
Belum ada Komentar untuk "Apa sih Profil Dunia Wirausaha?"
Posting Komentar